Mendengar Lagu Sedih Saat Bad Mood, Dampaknya Mengejutkan

pizap-com14877355918591

liga99blog.wordpress.com– Kalau kamu lagi bete atau sedih, apa yang biasanya kamu lakukan, Ladies? Ada yang memilih olahraga untuk bisa kembali bahagia. Ada yang suka shopping untuk menghilangkan rasa sedih. Ada juga yang lebih suka makan supaya bisa mengusir bad mood. Dan ada juga yang justru mendengarkan lagu sedih.

Well, kamu pasti setuju deh kalau musik punya kekuatannya sendiri untuk mengubah dan memperbaiki suasana hati seseorang. Tak hanya itu saja, pilihan musik tiap individu itu bisa bersifat sangat pribadi dan berbeda satu sama lain. Dan dari semua jenis dan aliran musik, lagu sedih bisa ternyata bisa membuat bahagia. Dikutip dari laman elitedaily.com, lagu sedih baik untuk jiwa kita. Menurut Anthony Domanico untuk Cnet, lagu sedih bisa memberi efek yang besar pada suasana hati (mood) pendengarnya. Berdasarkan penelitian terbaru dari peneliti di Free University of Berlin, lagu sedih bisa membangkitkan jiwa dan secara umum bisa memberi efek positif pada sisi emosi kita.

Mungkin agak aneh ya, kok bisa mendengarkan lagu yang sedih-sedih malah bikin bahagia? Tapi ternyata memang ada efek tertentu yang muncul dari mendengarkan lagu sedih itu sendiri. Dilansir dari psychologytoday.com, Krystine Batcho, Ph.D., profesor di Le Moyne College menjelaskan soal efek nostalgia yang bisa membangkitkan jiwa. “Dengan memicu kenangan, nostalgia bisa jadi pengingat tentang tentang siapa kita dulu, bagaimana kita bisa mengatasi masalah-masalah yang ada, dan posisi kita dalam hubungan kita dengan orang lain,” jelas Krystine.

Ternyata mendengarkan lagu sedih itu tak terlepas dari efek nostalgia yang dimunculkannya. Lagu sedih bisa membuat kita merasakan nostalgia akan saat-saat dan tempat-tempat bahagia di hidup kita. Kuncinya ada pada lirik lagu sedih tersebut. “Dengan memperhatikan lirik lagu sedih, pendengar bisa berempati dengan sang vokalis dan menyadari bahwa ada orang lain yang pernah merasakan pedihnya penolakan, kehilangan, cinta bertepuk sebelah tangan, kegagalan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan lagu sedih,” papar Krystine.

Saat sedang terpuruk, sedih, atau bad mood, disadari atau tidak, mendengar suara orang lain akan membuat kita merasa sedikit baikan. Kita akan merasa tenang saat mendengar lirik lagu sedih. Ikut terhanyut di dalamnya.

Waktu lagi sedih, kerap kita merasa hilang arah. Dan dengan mendengarkan lagu sedih, kita bisa kembali terhubung dengan dunia luar dan tak merasa sendiri lagi. Bahkan kita akan merasa berempati dengan orang-orang lain yang mungkin pernah merasakan kesedihan yang kita rasakan saat ini.

Pilih lagu yang benar-benar bisa kamu hayati dan pahami ketika sedang sedih. Nggak apa-apa kok menangis atau mengeluarkan air mata. Luapkan emosi dan beban hatimu. Setelah itu, perasaanmu akan membaik dan bad mood pun perlahan akan lenyap dengan sendirinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s