Ini efek ngeri jika ngotot bersihkan telinga dengan cotton buds

Liga99.com – Demi menjaga kesehatan tubuh, tentunya kamu sangat memperhatikan kebersihan anggota tubuh. Dan tidak ada yang salah dengan hal ini.

Salah satu bagian tubuh yang paling sering menjadi sarang kotoran dan kuman adalah telinga. Apalagi telinga memiliki bagian-bagian yang tersembunyi.

Biasanya untuk membersihkan telinga, alat yang umum digunakan adalah cotton bud. Banyak ahli kesehatan dan spesialis telinga yang berpendapat bahwa menggunakan cotton bud adalah hal yang buruk dan bisa menyebabkan cedera ringan di dalam telinga.

1. Menyebabkan pecahnya gendang telinga

Tahukah kamu bahwa membersihkan telinga dengan cotton bud bisa memicu pecahnya gendang telinga? Sebabnya cotton bud bermaterial keras dan saat kamu mendorongnya terlalu ke dalam maka bisa mengoyak gendang telinga.
Selain itu, dalam beberapa kasus penggunaan cotton bud juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran karena proses pembersihan telinga yang terlalu bersih padahal ear wax atau kotoran telinga juga memiliki fungsi kesehatan

2. Manfaat dari ear wax

Meski kotor dan memiliki bau yang khas, ear wax atau kotoran telinga juga memiliki manfaat untuk telinga, lho. Apa saja?

Kotoran telinga mengandung sifat anti-bakteri sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya beberapa jenis infeksi.

Adanya ear wax juga dapat berfungsi untuk melindungi telinga dari serangga yang mencoba untuk memasuki telinga.

Ear wax membuat telinga agar selalu terlumasi dengan baik. Jika tidak, maka area telinga akan jadi kering serta gatal.

3. Cara terbaik untuk membersihkan telinga

Ketika membersihkan telinga dengan cotton bud tidak disarankan? Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk membuat telinga agar selalu bersih?

“Sebenarnya telinga memiliki mekanisme tersendiri untuk menjaganya agar selalu bersih. Kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa gerakan otot wajah yang secara rutin dilakukan membantu telinga untuk mengeluarkan ear wax secara alami. Bahkan ketika kamu menguap, berbicara, atau menggerakkan otot-otot wajah bisa membuat keluarnya ear wax dengan mudah,” tulis penelitian yang dilansir dari boldsky.com.

“Oleh karena itu saat kamu masih membersihkan telinga dengan ear wax maka kamu akan menyakiti bagian sensitif dalam telinga serta menyebabkan infeksi.”

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s