Jangan buang daun mangga! Ini 10 manfaat sehatnya

liga99blog.wordpress.com – Selain durian, mangga bisa disebut sebagai raja buah. Sebab ketika mangga matang di pohon, maka rasanya begitu manis menyegarkan.

Saat kamu makan buah mangga, tentu saja yang kamu ambil adalah daging buahnya saja. Kamu akan membuang kulit, biji mangga, dan bahkan daun mangga.

Namun tahukah kamu bahwa daun mangga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh? berikut adalah penjelasannya.

1. Mengobati asam urat

Daun mangga merupakan obat yang efektif untuk mengobati asam urat. Ambil beberapa lembar daun mangga yang masih muda kemudian rebus ke dalam air mendidih hingga air berubah jadi kekuningan. Setelah itu minumlah air rebusan ini setiap hari untuk mengobati asam urat.

2. Menurunkan stres

Kamu sedang stres atau mudah gelisah? Rajinlah minum air rebusan daun mangga setiap hari dan rasakan perbedaannya. Hal ini disebabkan karena daun mangga bersifat menenangkan sistem saraf yang tegang

3. Mengobati penyakit batu ginjal

Kamu juga bisa memanfaatkan daun mangga untuk mengobati penyakit ginjal. Caranya adalah keringkan daun mangga lalu giling hingga menjadi bubuk. Kemudian campur bubuk daun mangga ini dengan air hangat lalu minum setiap pagi saat perut kosong. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minuman ini bisa membuat batu ginjal keluar secara alami.

4. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Selain bisa mengobati masalah pernapasan, radang tenggorokan atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan tenggorokan bisa disembuhkan dengan daun mangga. Caranya adalah dengan membakar daun mangga dan kemudian menghirup asap yang keluar.

5. Menjaga kebersihan gigi

Kamu bisa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dengan daun mangga. Sebab daun mangga bisa menyingkirkan bau busuk dari dalam mulut dan menguatkan gigi atau gusi karena sifat obat yang hadir di dalam daun mangga.

Itulah sederetan sifat ajaib dari daun mangga yang mungkin selama ini tidak kamu ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s