4 Ancaman kesehatan yang terjadi saat kamu tak membersihkan lidah

liga99blog.wordpress.comKebersihan mulut amatlah penting untuk dijaga. Tak cukup hanya dengan menggosok gigi, melakukan flossing, atau berkumur dengan mouthwash, kamu juga wajib membersihkan lidah dengan cara digosok atau dikerok. Sebabnya tindakan ini bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal di lidah.

Selain berfungsi untuk membersihkan lidah, berikut adalah ancaman kesehatan yang bisa kamu alami jika tidak membersihkan lidah.

Mati rasa
Saat kamu tak membersihkan lidah, maka sisa makanan akan membentuk lapisan di lidah yang menjadi padat. Dan hal ini bisa mempengaruhi kemampuan lidah untuk merasakan rasa makanan atau minuman.

Lidah menghitam
Munculnya warna hitam di lidah terjadi karena sisa makanan yang mengerak. Dan hasilnya tampilan lidah menjadi jelek dan bahkan akan tumbuh seperti rambut yang permanen sifatnya.

Infeksi jamur
Meskipun infeksi jamur biasanya dikaitkan dengan organ genital, namun jamur juga bisa tumbuh di lidah akibat jarang dibersihkan.

Munculnya penyakit periodontal
Penumpukan bakteri di lidah bisa menyebar ke gigi dan gusi lalu akan menyebabkan infeksi dan pembengkakan di gusi yang kemudian dikenal sebagai penyakit periodontal.

Saat ini terdapat banyak alat pembersih lidah yang dijual di pasaran. Kamu bisa membelinya untuk membersihkan lidahmu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s