6 Alasan kenapa kamu harus punya hewan peliharaan

liga99blog.wordpress.com – Kucing, anjing, ikan, atau burung memiliki bentuk wajah dan tingkah yang lucu. Sehingga tidak jarang kamu pun ingin memeliharanya sebagai teman di rumah.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki hewan peliharaan mendapatkan berbagai macam manfaat kesehatan baik secara fisik, emosional, maupun mental. Berikut adalah manfaat sehatnya.

Meningkatkan kesehatan jantung
Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan sendiri akan turun tingkat tekanan darahnya serta tingkat trigliserida. Kedua hal ini bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol sehingga mereka mungkin dapat terhindar dari penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak memelihara hewan.

Menurunkan risiko depresi
Tanpa disadari, melihat pola tingkah hewan serta berkomunikasi dengan hewan mampu membuat segala macam tekanan di dalam pikiran berangsur menghilang. Hewan juga mampu memberikan pemiliknya rasa cinta dan kasih tanpa syarat. Sehingga kamu pun akan lebih merasa terdukung secara psikologi dan risiko depresi pun akan hilang.

Mencegah alergi
Poin ini mungkin mengejutkan. Sebab banyak yang berpendapat bahwa hewan peliharaan mampu memicu alergi dan gangguan pernapasan seperti asma. Namun sebenarnya, anak-anak yang tumbuh di rumah dengan hewan peliharaan berbulu seperti kucing dan anjing justru cenderung mengembangkan resistensi dalam rubuh terhadap alergi dan asma di usia dini.

Menurunkan tingkat stres
Memelihara hewan sendiri dapat menurunkan tingkat stres. Salah satu alasannya adalah ketika kamu membelai hewan peliharaan, maka tingkat sensorikmu naik dan stres menurun.

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
Hewan peliharaan bisa berfungsi sebagai ice breaker atau pemecah keheningan ketika kamu sedang mencoba bersosialiasi dengan orang yang baru kamu kenal. Selain itu tanpa disadari, dengan membawa hewan peliharaan berjalan-jalan keliling lingkungan rumah, maka kamu bisa berkenalan dengan orang baru.

Membuat kamu bahagia
Bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamine di dalam otak. Kedua hormon ini dikenal dapat membuat kamu merasa bahagia, tenang, dan lebih santai.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memelihara seekor hewan yang lucu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s