6 Cara jitu bisa beli rumah dan mobil dengan gaji Rp 4 juta

liga99blog.wordpress.com6 Cara jitu bisa beli rumah dan mobil dengan gaji Rp 4 juta – Semua orang pasti bermimpi untuk memiliki rumah dan kendaraan sendiri. Apalagi, jika orang tersebut sudah berkeluarga, pasti makin besar keinginan untuk membeli rumah maupun mobil untuk mempermudah akses transportasi.

Impian seperti ini tentu tidak hanya untuk mereka yang mempunyai gaji bulanan yang besar, tetapi juga bagi karyawan di awal karir yang mempunyai gaji pas-pasan.

Karyawan gaji pas-pasan juga bisa mewujudkan mimpi tersebut. Jika memiliki gaji standar sekitar Rp 4 hingga Rp 5 juta per bulan, tetap bisa mulai mencicil aset rumah dan mobil.

Ada beberapa tips dan langkah yang dapat dilakukan untuk dapat mengelola gaji bulanan dengan baik agar nanti dapat membeli rumah dan mobil dengan cicilan yang aman tidak memberatkan.

Berikut rinciannya seperti ditulis cermati.

1. Menabung diawal gajian

Bagi Anda yang ingin mencicil rumah atau mobil, sebaiknya menabung dijadikan prioritas utama. Tujuan menabung ini agar beban angsuran tidak terlalu memberatkan karena membayar uang muka yang besar. Bisa juga digunakan untuk dana untuk situasi di luar dugaan atau darurat.

Menabung di akhir bulan dengan sejumlah sisa gaji akan menyebabkan nilai tabungan Anda fluktuatif, kadang bisa besar, kadang rendah. Bahkan kalau saking banyak kebutuhan, bisa tidak ada tabungan yang disisihkan.

Karena itu menabung di awal bulan saat menerima gajian adalah pilihan yang tepat. Sehingga tabungan tetap utuh.

Menabung di akhir waktu ini juga dapat memberi prediksi dan perkiraan berapa lama harus menabung untuk mendapatkan nilai tertentu. Kalau dirasa cukup, Anda bisa menggunakan tabungan ini untuk memenuhi uang muka cicilan.

Hal yang perlu diingat bahwa bank hanya akan membantu angsuran sejumlah 70 hingga 80 persen dari nilai appraisal rumah. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan 20 hingga 30 persen sebagai uang muka atau down payment ini. Selain itu masih banyak juga biaya-biaya lain yang harus dipersiapkan seperti biaya notaris dan pajak.

2. Alokasikan kebutuhan bulanan

Hal terpenting sebelum memutuskan untuk mulai melakukan cicilan adalah kemampuan mengelola keuangan yang harus diasah dengan baik. Mulailah menempatkan kebutuhan pribadi sebagai prioritas, seperti uang untuk keperluan makan dan transportasi sehari-hari. Untuk kebutuhan yang lain bisa menjadi prioritas berikutnya.

Adapun kebutuhan yang sifatnya hanya hiburan bisa ditempatkan setelah alokasi gaji untuk membeli rumah atau mobil impian. Dengan demikian, tujuan anggaran setiap bulan akan lebih jelas dan terukur dengan baik.

3. Tidak memiliki utang

Jika Anda berencana membeli rumah atau mobil dengan mencicil, maka sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak sedang mencicil atau memiliki utang di tempat lain terlebih dahulu. Ini penting, jangan sampai Anda mulai mencicil namun gaji Anda ternyata juga dihabiskan oleh utang sebelumnya.

Anda akan sangat menderita dengan kewajiban membayar utang di masa lalu dan memenuhi kewajiban angsuran rumah atau mobil yang baru saja dimulai. Apabila memiliki utang, maka prioritas utama adalah segera melunasi utang. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebani dengan banyaknya cicilan yang harus dibayar.

4. Beri patokan harga

Sangat penting dalam menentukan harga rumah atau mobil yang akan dibeli. Besaran nilai rumah atau mobil yang Anda rencanakan ini harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan gaji.

Pastikan bahwa cicilan tiap bulannya juga dapat dipenuhi oleh gaji setiap bulannya dengan tetap memperhatikan prioritas utama kebutuhan hidup sehari-hari.

5. Besar cicilan tiap bulan

Apabila Anda memulai untuk mencicil, maka yang perlu dipertimbangkan adalah besaran cicilan tiap bulan akan menjadi salah satu proporsi gaji setiap bulan yang harus dipenuhi selain kebutuhan sehari-hari.

Maka dari itu, pilihlah angsuran yang sesuai dengan gaji setiap bulan. Rumus mudahnya bahwa total cicilan utang tidak melebihi 30 persen dari penghasilan tiap bulannya. Dengan begitu biaya hidup sehari-hari tidak terganggu.

Besaran cicilan tiap bulan juga dapat dibuat lebih ringan dengan memilih jangka waktu angsuran lebih lama. Meski terasa lebih lama, namun kewajiban angsuran setiap bulan bisa terpenuhi itu akan lebih baik.

6. Mulai investasi

Anda bisa mulai berinvestasi untuk membantu mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman. Wujudkan tabungan dalam bentuk investasi seperti emas logam mulia yang nilai jualnya naik per tahunnya.

Nilai emas naik rata-rata 15 hingga 25 persen setiap tahun dapat mengungguli margin pinjaman rumah atau mobil dengan margin flat rata-rata 11 persen per tahun. Berarti emas ini dapat dijadikan sebagai pelunasan utang saat dijual kembali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s