Posisi tidur ini sembuhkan sakit di badan

liga99blog.wordpress.com – Selain konsumsi makanan sehat atau olahraga teratur, tidur di waktu yang tepat dengan durasi jam yang cukup merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut penelitian, seseorang setidaknya harus tidur selama 7-9 jam setiap harinya. 

Tak hanya bermanfaat untuk memulihkan tenaga yang habis dipakai beraktivitas atau meregenerasi sel, posisi tidur yang tepat pun bermanfaat untuk menyembuhkan beragam gangguan atau penyakit ringan yang mengganggu kesehatan tubuh.

1. Asam lambung

Naiknya asam lambung bisa terjadi ketika kamu mengonsumsi makanan yang terlalu berat untuk dicerna. Rasa seperti panas yang menjalar dari lambung dan naik ke kerongkongan terasa tidak terlalu nyaman hingga terbawa waktu tidur.

Posisi tidur terbaik untuk mengatasi rasa tersiksa karena asam lambung ini adalah dengan tidur di sisi kiri.

2. Masalah pencernaan

 

Selain ampuh untuk mengatasi rasa tersiksa karena naiknya asam lambung, tidur dengan miring ke posisi kiri dianggap baik untuk mendukung kesehatan pencernaan. Tidur dengan miring ke kiri sesuai dengan gravitasi pencernaan tubuh.

Kamu sedang tersiksa karena sakit leher? Jika ya, cobalah untuk mengatasinya dengan memberi tambahan bantal kecil di lekukan leher. Jika tidak ada bantalan kecil, ambil handuk dan gulung. Kemudian letakkan di bagian lekukan antara bantal dan leher.

 4. Nyeri menstruasi

Nyeri karena menstruasi seringkali membuat tidur terasa tak nyaman. 

Nah ladies, cobalah tidur dengan posisi telentang namun putar kakimu menghadap samping. Kemudian tempatkan bantal di antara lutut. Posisi ini dipercaya akan melancarkan sirkulasi darah sehingga bisa meminimalisir nyeri menstruasi yang terjadi.

5. Hipertensi

Untuk melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi, kamu dianjurkan untuk tidur dengan tengkurap atau kepala menghadap ke bawah. Posisi ini membantu menurunkan tekanan darah secara efektif.

 6. Sinus

Sinus atau infeksi yang menyerang saluran pernapasan ini bisa dikurangi dampak buruknya dengan posisi tidur yang tepat. Sebab tak jarang sinus akan membuat penderitanya tidur dengan mengorok karena aliran udara yang tidak lancar. 

Jika kamu menderita infeksi ini, cobalah tidur dengan posisi kepala yang tinggi untuk melancarkan turunnya lendir dan aliran pernapasan.

 7. Sakit kepala

Tidur bisa menjadi obat ajaib nan mujarab untuk mengobati sakit kepala. Posisi tidur pun bisa mengurangi nyeri yang terjadi. caranya adalah dengan menempatkan banyak bantal di sekeliling lehermu. 

Posisi ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko sakit leher yang biasa terjadi saat kamu tidur.

8. Sakit punggung

Sakit punggung seringkali membuatmu jadi serba salah ketika tidur. Untuk meminimalkan rasa tidak nyaman ini, berbaringlah telentang. Kemudian letakkan bantal di bawah lutut dan handuk yang digulung di bawah punggung. Posisi ini dipercaya bermanfaat untuk mengurangi nyeri karena sakit punggung

9. Sakit bahu

Sakit bahu juga bisa membuat posisi tidur jadi tak nyaman. Oleh karena itu kamu disarankan untuk tidur di sisi dimana rasa nyeri tak terjadi. Lalu tekuk kakimu sedikit. Selanjutnya peluk bantal ke arah dada atau letakkan di antara kedua lutut.

Jadi, kamu sedang mengalami salah satu dari gangguan di atas? Maka cobalah untuk tidur dengan posisi tersebut. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s